Saturday, September 3, 2016

ENAKNYA NAIK GUNUNG SEKARANG.....

oro-oro ombo

            Mendaki gunung sekarang menjadi hobi mainstream para anak muda bahkan orang tua. Tujuan mendaki gunung bagi mereka mungkin untuk mencari kedamaian dalam sepi ada juga yang bertujuan nyari foto buat eksis di medsos, yang paling keren adalah mereka yang ke puncak gunung hanya untuk nulis ucapan selamat ulang tahun buat pasangannya, “Hai cantik selamat ulang tahun ya... dapet salam nih dari 3676mdpl, kapan kamu kesini bareng aku?” romantis banget bukan, naek gunung sampe berhari-hari Cuma buat ucapin selamat ulang tahun untuk pasanganya. Padahal nggak tau pas ditinggal pergi ke gunung ceweknya jalan sama cowok lain.
            Sejak beberapa film tentang naek gunung beredar di bioskop, gunung-gunung khususnya di pulau jawa jadi ramai pendaki. Kalau dulu mendengar kata gunung kita pasti berpikir gunung adalah tempat yang sepi dan menyeramkan, sekarang?? nggak perlu takut naik gunung karena gunung udah jadi studio foto bahkan kalo musim liburan bisa jadi pasar malem. Contohnya nih, Gunung Prau di daerah dieng jawa tengah pas 17 agustus 2015 pendaki yang berkunjung kesana sampai lebih dari 5000 orang. Sangar nggak? 5000 orang naik gunung pas 17 agustus demi sebuah nasionalisme dalam bentuk foto memegang bendera merah putih. Bayangin aja orang sebanyak itu menghasilkan berapa banyak sampah? Dan kalau kita berpikir lebih dalam kita akan menemukan sebuah hal yang mengerikan yaitu satu gunung dikencingin lebih dari 5000 orang, hmmmm mesti ambune enak.
            Sekarang kita lihat dari style pendaki, dulu kita kebanyakan melihat mas-mas sangar dengan tas carrier gede dipundaknya adapun cewek palingan juga mbak-mbak dengan settingan tomboy. Lha saiki? Nyari kimcil di gunung juga banyak, dedek-dedek gemes dengan hotpanya ataupun mbak-mbak gaul dengan dandanan anak mall juga sudah menjadi pemandangan yang lumrah di gunung, nggak bisa dipungkiri mereka menambah nilai keindahan pemandangan di gunung. Bahkan ada yang saking cinta dengan pekerjaanya sampai bawa-bawa seragam kerja untuk narsis di puncak gunung, ya kalau kerja di minimarket seragam kerjanya Cuma kaos polo masih gampang dibawa, lha kalau pekerjaanya hansip apa ya mau bawa seragam lengkap, sepatu PDL, kopel beserta peluit dan pentungannya???
            Naek gunung sekarang juga udah ga bingung nahan lapar dan haus kok, dulu kalau pengen makan enak dan kenyang di gunung kita harus rela menahan beban berat logistik di punggung, bawa spirtus banyak buat masak nasi dan lauknya. Sekarang tinggal bawa duit aja udah banyak yang jual makanan dan minuman di gunung. Gunung gede pangrango udah terkenal dengan penjual nasi uduk lauk telor campur tepungnya, gunung semeru identik dengan penjual gorengan dan semangka limaribu duanya. Nggak lama lagi bakalan ada restoran cepat saji di tengah hutan, atau jangan-jangan 2 musuh bebuyutan alfamart dan indomaret sudah merencanakan akan membuka cabang di gunung.
            Nah, sekarang hobi naik gunung bukanlah hobi yang susah dilakukan, buktinya banyak kimcil, dedek gemes dan mbak-mbak mall sampai ke puncak gunung. Buat cowok-cowok jomblo yang pengen nyari jodoh digunung, udah banyak pilihan cewek-cewek cakep tuh di gunung. Dan kalau sampeyan cewek yang pengen nyari popularitas, dari pada ke dukun buat pasang susuk ataupun pelet mending ke gunung aja. Tinggal foto pakai hotpant dan kaos you can see di gunung dijamin followers instagram sampeyan bakalan nambah banyak. Dan siap-siap aja di modusin banyak cowok buat dinaekin gunungnya, eh.. maksudnya diajakin naek gunung.


1 comment: